Ketua Dewan Pers: Hoax Muncul Karena Publik Tak Percayai Media Mainstream

Author : UnknownTidak ada komentar


Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo mengaku prihatin dengan mewabahnya hoax di tengah masyarakat dewasa ini. Terlebih menurutnya, persoalan ini bukan hanya menjangkiti masyarakat umum, namun juga dari kalangan politisi sampai jurnalis.

Hal itu dikatakan Yosep dalam forum diskusi publik yang diinisiasi oleh Institut Media Sosial dan Diplomasi Komunikonten bertema Strategi Menang Melawan Hoax dan Fitnah”, di Gedung Dewan Pers di Jl. Kebon Sirih, Jakarta Pusat, kemarin. 

Lebih lanjut ditegaskan, hal tersebut bermula dari media sosial (medsos) seperti Twitter dan Facebook yang awal mulanya diciptakan untuk membuat update status atau menemukan kembali teman-teman lama yang berpisah, berubah menjadi sarana seseorang menyampaikan pendapat politik, mengomentari pendirian orang lain. 

Pada saat yang sama masyarakat kehilangan kepercayaan atas netralitas pers dan isi media mainstream, sehingga masyarakat mencari alternatif dari media sosial.

"Di Indonesia diperkirakan ada sekitar 2 ribu media media cetak. Namun dari jumlah tersebut hanya 321 media cetak yang memenuhi syarat disebut sebagai media profesional," paparnya. 

Sedangkan media online (siber), urai dia, diperkirakan mencapai angka 43.300, tapi yang tercatat sebagai media profesional yang lolos verifikasi hanya 168 media  online. Selain itu hingga akhir 2014 tercatat ada 674 media radio dan 523 media televisi. 

Hadir narasumber yang lain dalam acara tersebut, Dr. ‎Unifah Rosyidi (Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia), Dr. Ahmad Mukhlis Yusuf (Pokja Revolusi Mental, mantan Dirut LKBN ANTARA). 

Setelah diskusi publik ini, dari institut Komunikonten akan melakukan kampanye aksi sekaligus penandatanganan spanduk Deklarasi Hidup Tanpa Hoax dan Fitnah; Kolaborasi Pengguna Media Sosial untuk Kepentingan Nasional” pada hari bebas kendaraan (Car Free Day), Minggu pagi (29/1) nanti di samping Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta.

sumber : rmol



Artikel Terkait

Posted On : Rabu, 25 Januari 2017Time : 19.18
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : Online oke | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]