mengenal komponen laptop

Author : UnknownTidak ada komentar

mengenal komponen laptop pada dasarnya sama dengan komputer biasa atau PC dekstop. laptop pada prinsipnya adalah sebuah komputer yang di balut menjadi satu dengan tujuan mobilitas. sehingga komponen yang digunakan juga sama dengan komputer dekstop. jika komputer dekstop bisa digantikan laptop, akan tetapi untuk laptop tidak bisa digantikan tablet, apalagi smartphone. meskipun mereka sama sama sebuah komputer. dan sehebat apapun sebuah tablet ataupun smartphone. ini karena alasan luasan layar LCD, dan penggunaan keyboard manual yang jauh lebih nyaman ketimbang keyboard virtual.

seorang design grafis tentunya akan sangat nyaman menggunakan laptop, bahkan beberapa masih menggunakan PC dekstop.

untuk mengenal komponen laptop simak ulasan berikut ini.

  1. layar monitor. merupakan piranti output untuk menampilkan bahasa pasar menggunakan istilah display LED untuk layar monitor laptop produk terbaru. akan tetapi tidaklah demikian. layar tetap menggunakan LCD dengan backlight LED. disisi lain ada display AMOLED yang menggunakan LED organic. AMOLED (active Matrix Light Emiting Diode) dikembangkan oleh samsung. display AMOLED tidak memerlukan backlight. pembuatan AMOLED jauh lebih susah dibanding display LCD. harga display AMOLED jauh lebih mahal.
    lcd/led laptop
  2. keyboard. merupakan piranti input untuk memasukkan perintah. kerusakan pada bagian ini adalah seringnya satu atau beberapa tombol macet. keyboard susah untuk diperbaiki. jadi harus diganti 1 unit. keyboard harus diganti dengan tipe yang sama.
    keyboard laptop
  3. baterai. sebagai sumber energi listrik utama. baterai laptop sebaiknya dilepas jika laptop sering dipakai dirumah. ini untuk memperpanjang usia baterai.
    baterai laptop
  4. harddisk. merupakan piranti input sebagai penyimpan data maupun program
    harddisk laptop
  5. DVD RW. merupakan piranti input/output untuk membaca/menulis ke cakram disk
    dvd rw laptop
  6. Motherboard. papan PCB induk yang berisi Chipset, Chip Sound, BIOS, dan I/O Chip.
  7. RAM (Random Acces Memory). merupakan piranti penyimpan memory sementara sewaktu laptop bekerja. RAM bisa dipertukarkan pada semua merek maupun tipe laptop asalkan jenis RAM sama.
    ram laptop
  8. Processor. merupakan IC pemroses utama
    processor laptop
  9. touchpad. piranti input untuk navigasi laptop, beberapa orang salah kaprah dengan menyebut mouse.
    mouse touchpad laptop
  10. charger. untuk mengisi energi listrik ke baterai. charger laptop jika rusak susah untuk diperbaiki. dan jika dibelikan yang original mahal. ada sebuah solusi, yaitu menggunakan charger laptop universal yang jauh lebih murah.
    charger laptop
  11. Casing laptop
    casing laptop
tidak seperti komputer dekstop, tidak komponen laptop tidak bisa dipertukar tukarkan antar merek, bahkan dengan merek yang sama sekalipun. hanya tipe yang benar benar sama semua komponen bisa saling dipertukarkan dengan mudah.

berikut beberapa komponen yang masih bisa dipertukarkan walaupun beda merek dan tipe
  1. Harddisk
  2. Ram
  3. panel LCD. dalam beberapa kasus tidak bisa optimal
mengenal komponen laptop pada bagian Motherboard 
motherboard laptop adalah komponen termahal setelah display laptop. pada beberapa kasus harga display bisa lebih mahal dari motherboard. motherboard laptop tidak seperti motherboard pada PC dekstop yang bisa dijual dalam jumlah yang banyak dengan berbagai merek. dan kabar buruknya motherboard laptop tidak bisa ditukar-tukarkan antar merek, bahkan satu merek beda tipe.

berikut beberapa komponen komponen penting pembentuk Motherboard laptop maupun komponen yang menempel pada motherboard laptop
bagian bagian pembentuk motherboard
  1. Multilayer PCB
  2. Resistor
  3. Kapasitor
  4. Transistor
  5. Integrated Circuit
demikian ulasan singkat kami tentang mengenal komponen laptop, sedikit banyaknya semoga memberikan manfaat.

Artikel Terkait

Posted On : Senin, 05 Desember 2016Time : 01.45
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : Online oke | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]