Survey Pengendokan / Docking Survey Kapal

Author : UnknownTidak ada komentar

Kriteria-kriteria yang dilakukan ketika melakukan Docking Survey adalah :


Pada Bagian Lambung Kapa / Hull Part

Docking Survey dilaksanakan sebagai pemeriksaan berkala terhadap kondisi lambung dibawah garis air,bukaan lambung dan penutupnya yang berhubungan dengan instalasi mesin, bagian luar dari sistem propulsi dan sistem kemudi.
Docking Survey / Survey Pengendokan
Docking Survey
Due date of survey / Survey Tanggal Jatuh tempo
  • Kapal dengan tanda kelas A100, minimum harus melaksanakan 2 kali survey pengedokan dalam satu periode class 5 tahun. Salah satunya harus dilaksanakan bersamaan dengan survey pembaruan kelas
  • Interval diantara 2 docking max. 36 bulan 
  • Dalam kondisi tertentu (exceptional circumtences) penundaan 3 bulan dapat diberikan dengan persetujuan BKI-HO dengan catatan tidak melebihi 36 bulan 
  • Kapal dengan tanda kelas A90 interval docking 18 bulan 
  • Kapal penumpang / kapal dengan penumpang > 12 orang interval docking 12 bulan 
  • Docking survey dapat diakui sebagai sebagai cicilan pembaruan kelas dengan melaksanakan seluruh persyaratan pembaruan kelas yang harus dikerjakan diatas dok.Survey ini maksimal dilaksanakan pada 15 bulan sebelum completion SS. 
Procedure for survey / Prosedur Survey
  • Sertifikat lambung dan mesin diperiksa. Jika survey poros jatuh tempo, agar disampaikan ke pemilik untuk mengajukan permohonan.
  • Kapal harus ditempatkan diatas keel block dengan ketinggian yang cukup sehingga memungkinkan dapat melakukan semua pemeriksaan yang disyaratkan. Lambung dibawah garis air harus dibersihkan sebelum diperiksa. Pengecatan alas diperbolehkan setelah pemeriksaan selesai 
  • Surveyor harus memperhatikan bagian-bagian yang diperiksa dalam survey pengedokan yaitu : 
o    Pelat alas dan sisi
o    Bagian Stem dan Stern
o    Rudder post, rudder shoe, rudder shoe
o    Rudder plating, rudder bearing, rudder stock dan pengukuran clearance
o    Bilge keels, shaft brackets, dll
o    Bantalan kemudi, termasuk pengukuran ruang main kemudi
o    Kotak laut, tutup harus dibuka untuk pemeriksaan
o    Sea valve (Inlet dan discharge)
o    Propeller & stern tube cleareance
  •  Kapal dengan notasi 'IW': 
o  Untuk kapal dengan notasi 'IW' : setiap pengedokan pertama setelah docking SS dapat diganti dengan in water survey yang dilaksanakan oleh perusahaan yang diakui BKI.
o  Untuk mendapatkan notasi 'IW', pemilik kapal / galangan harus mengajukan proposal / perhitungan pemasangan anoda sesuai Rule Volume II section 38 (Corrosion Protection).
o  Pemilik / galangan juga harus mengajukan proposal mengenai pemakaian coating protection yang mampu memberikan perlindungan korosi selama 5 tahun.
o  Pemasangan marking pada pelat bottom untuk memudahkan identifikasi saat in water survey. 
  • Jika mencurigai adanya kerusakan, surveyor dapat memperluas pemeriksaan
In water survey in lieu of docking survey 
  • Kapal tanpa notasi 'IW' umur tidak lebih dari 15 tahun, pemilik dapat melakukan In water survey sebagai pengganti docking pertama setelah docking SS dengan persetujuan BKI-HO
  • Bila pemilik berlaksud mengganti docking survey pertama setelah docking SS dengan In water survey, maka surveyor harus memeriksa persyaratan teknis :
o   Bila pengukuran clearance stern tube bearing didalam air tidak memungkinkan, maka clearance hasil pengukuran pada dok sebelumnya agar dievaluasi dan dapat diprediksi tidak melebihi batas maksimum s/d dok yang akan datang
o    Propeller dan tube shaft harus terlindung dari air laut dan dilengkapi dengan oil sealing & bearing.
o    Sea valve (inlet & dischage) harus sudah dioverhaul pada pengedokan sebelumnya
o    Ukuran anoda harus mencukupi mampu memberik perlindungan korosi s/d dok y.a.d
o   Coating pada bagian bawah air dalam kondisi baik dan harus dapat diprediksi tidak terjadi damage corrosion yang mempengaruhi maintenance class sebelum dok y.a.d (coating harus memiliki service life 5 tahun)
  • Item-item diatas harus disurvey dan dilaporkan pada Form ini sebelum persetujuan In water survey in lieu of docking survey diberikan
  • Untuk kapal umur lebih dari 15 tahun, persetujuan dapat diberikan BKI-HO setelah dilakukan special investigation terhadap kondisi kapal 
  • Prosedure pelaksanaan survey
o    In water survey dilaksanakan pada kondisi kapal light draught / muatan kosong, cuaca cerah / siang hari, air laut jernih dan tenang
o    Pelaksanaan In water survey adalah qualified diver dari perusahaan penyelam yang telah diapprove BKI
o    Mengguakan camera CCTV, TV monitoring dan Two way communication antara surveyor dan diver
o   Anti fouling system harus dalam kondisi baik hanya local fouling dapat diterima selama inspeksi, namun coating harus tetap dalam kondisi baik, Jika secara umum pelat bagian bawah air tertutup fouling, maka In water survey in lieu docking survey tidak dapat diterima dan kapal harus melaksanakan dok
o    Jika selama in water survey ditemukan damage yang memerlukan perbaikan segera atau kondisi coating brekdown, maka In water survey in lieu docking survey tidak dapat diterima dan kapal harus melaksanakan do.
Pada Bagian Mesin Kapal / Machinery Part

General
Saat survey pengedokan lambung, dicek apakah instalasi mesin jatuh tempo jatuh tempo survey pengedokan
Periode survey plus minus 6 bulan agar disesuaikan dengan survey pengedokan
  •  Survey normal
o   Propeller shaft & tube shaft dipasang continuous liner atau oil sealing gland atau dibuat dari material tahan korosi, internal survey : 
- 3 tahun untuk single shafting arrangement
- 4 tahun untuk multi shafting arrangement

o   Interval survey dapat dinaikkan menjadi 5 tahun bilamana salah satu dari 3 hal tsb dibawah ini dipenuhi :
- Design detail disetujui
- Propeller dipasang menggunakan spie pada shaft taper 
- Shaft diproteksi terhadap air laut
- NDT dilaksanakan pada setiap survey (pada ujung belakang cylindrical poros dan 1/3 panjang taper dari ujung yang terbesar)

o    atau
- Design detail disetujui
- Propeller dipasang pada solid flange coupling pada ujung belakang poros
- Shaft & fitting terlindung terhadap korosi
- NDT terhadap fillet radius propeller shaft flange bagian belakang harus dilaksanakan bila hasil pemeriksaan visual tidak memuaskan
o    atau
- Design detail disetujui
- Propeller dipasang pada keyless pada shaft taper
- Shaft diproteksi terhadap air laut
- NDT harus dilaksanakan pada setiap survey pada bagian depan dari shaft taper belakang
  • Survey modifikasi
o  Diterpalan untuk single & multi shafting arrangement sebagai pengganti normal survey dengan periode interval 5 tahun dengan persyaratan :
- Design detail disetujui
- Shaft dipasang dengan oil lubricating bearing dan oil sealing gland
- Shaft diproteksi terhadap korosi
- NDT harus dilaksanakan pada shaft taper / shaft flange
- Overhaul terhadap oil sealing gland sesuai instruksi pabrik pembuat
- Persyaratan penarikan shaft kebelakang untuk pemeriksaan permukaan bearing contact dapat ditiadakan dengan catatan : 
a. Lubricating oil analysis dilakukan secara regular setiap 6 bulan dengan hasil baik yang meliputi :
b. Kandungan air
c. Kandungan cloride
d. Kandungan material / metal bearing
e. Oil aging (resistance oxidation)
f. Review terhadap record oil consumption & bearing temperature dipertimbangkan masih dalam batas limit yang diijinkan
  • Partial survey
o   Diterapkan untuk single & multi shafting arrangement untuk menaikkan interval normal survey menjadi 7.5 tahun dengan pemeriksaan meliputi :
- pemeriksaan visual kekedapan oil sealing gland 
- pemeriksaan clearance wear down shaft dengan poker gauge
- review terhadap record lubricating analysis
- review terhadap record lubricating oil consumption & bearing temperature
  • Bila pemeriksaan pada modified survey & partial survey tidak memenuhi persyaratan, maka harus dilaksanakan survey normal dengan pencabutan total poros baling-baling
Performance
  • Sebelum poros dicabut, ruang main diukur, hasil pengukuran dibandingkan dengan hasil sebelumnya
  • Taper, keyway, thread, flange fillets, contact surfaces dan liners diperiksa visual 
  • Uji NDT permukaan poros 
  • Periksa seals 
  • Periksa chrome steel bushing 
  • Periksa stern tube bearing 
  • Periksa propeller 
  • Periksa coupling flange 
  • Setelah poros dipasang kembali, ukur ruang main bantalan
  • Periksa Vane Wheel 
  • Katup-katup laut 
  • Periksa Box cooler 
  • Bow Thuster diperlakukan sama dengan survey poros 
  • Katup laut hanya dibuka 1 kali dalam 5 tahun

Artikel Terkait

Posted On : Kamis, 10 April 2014Time : 08.46
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : Online oke | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]