Aplikasi Text Editor Gratis Terbaik, Cocok untuk Programmer

Author : UnknownTidak ada komentar

Text Editor Gratis, Terbaik dan Populer, Cocok untuk Programmer | Text Editor atau dalam bahasa indonesia disebut Editor Teks adalah suatu jenis perangkat lunak komputer yang digunakan untuk menyunting teks biasa. Penyunting teks dibedakan dengan pengolah kata (word processor) karena jenis perangkat lunak ini tidak mengatur format dokumen atau fitur-fitur lain yang biasa digunakan dalam penerbitan semeja (sumber: Wikipedia).
Text Editor kebanyakan digunakan oleh sebagian orang yang mengenal pemrograman komputer. Karena mereka yang bertujuan membuat suatu dokumen penting lebih memilih menggunakan software pengolah kata seperti Microsoft Word dan sejenisnya sebab banyak fitur-fitur yang mendukung dalam pembuatan dokumen. Berbeda dengan editor teks yang digunakan programmer dimana penggunaannya lebih berfokus kepada pembuatan suatu program komputer atau sering disebut pembuatan koding. 
Dalam hal ini saya akan berbagi informasi beberapa editor teks atau text editor terbaik dan populer yang cocok bagi kamu seorang programmer. Berikut beberapa text editor teraik dan gratis menurut Kalong Ganteng:

1. Notepad ++

Screenshot aplikasi text editor terbaik
Screenshot Text Editor
Nodetad ++ merupakan perangkat lunak dalam hal ini text editor yang berjalan di sistem operasi Windows. Selain gratis notepad++ juga memiliki fitur-fitur yang dapat memudahkan dalam pembuatan kode program (koding). Beberapa fitur yang menarik ialah  Auto Completion , Multiview, MultiDocument, Brace & Indent, Drag & drop, Syntax Mewarnai dan lain-lain. Notepad ++ banyak mendukung bahasa pemrograman, diantaranya yaitu C, C++, C#, COBOL, CSS, Fortran, Haskell, HTML, Java, Javascript, PHP dan masih banyak lainnya.

2. Sublime Text

Screenshot aplikasi text editor terbaik
Screeenshot Text Editor
Tidak mau kalah dengan text editor yang saya tulis paling atas, text editor ini menjadi salah satu text editor favorit para programmer, termasuk saya. Mengapa begitu? karena kemudahan, tampilan GUI serta kehematan penggunaan sumber daya yang ditawarkannya membuat kita nyaman dan betah dalam menyelesaikan pekerjaan menggunakan text editor sublime text. Selain itu sublime text dapat di instal di beberapa sistem operasi, seperti Windows, Mac OS dan Linux serta gratis. Untuk fitur dan bahasa pemrograman yang didukung  text editor ini hampir sama dengan Nodepad++ namun jika dipandang dari suguhan tampilan GUI nya jelas text editor ini jauh lebih baik.

3. Atom

Screenshot aplikasi text editor terbaik

Text editor yang satu ini juga salah satu text editor favorit para programmer bahkan developer perangkat lunak. Kelebihan text editor ini dengan yang telah dijelaskan sebelumnya ialah kostumisasi tampilan yang bebas untuk dimodifikasi pengguna, banyaknya Packages (ekstensi) dan tema yang telah dibuat developer untuk dapat memudahkan pembuatan kode program. Selain gratis dan open source text editor ini dapat di instal di beberapa sistem operasi sperti Windows, Mac OS dan Linux.

4. Brackets

Screenshot aplikasi text editor terbaik

Sama halnya dengan Sublime Text dan Atom text editor ini begitu menarik untuk digunakan, namun Bracket lebih ditujukan dalam perancangan web design dan front-end development. Bracket memilik vitur live preview, quick edit color dan css untuk memudahkan perancangan web, juga mendukung extension. Bracket juga dapat di instal di sistem operasi Windows, Mac Os dan Linux.

5. PHPStorm

Screenshot aplikasi text editor terbaik

Text Editor satu ini dibuat untuk kamu para developer PHP. Atau dalam kata lain lebih berfokus pada pemrograman yang berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP. Text Editor ini sangat menarik karena dapat dibilang memiliki peringkat teratas dalam text editor PHP. Namun sayangnya perangkat lunak ini berbayar alias tidak gratis. Namun bagi Anda yang serius dalam pemrograman PHP, text editor ini sangat saya rekomendasikan.

6. Komode Edit

Screenshot aplikasi text editor terbaik

Termasuk text editor remomended juga karena menawarkan kemudahan untuk membuat suatu kode program. Fitur-fitur yang dimilikinya hampir sama dengan Bracket dan Sublime Text. Namun jika Anda benar-benar serius mendalami pemrograman komputer gunakan versi berbayarnya yaitu Komodo IDE yang memiliki lebih banyak fitur dibandingkan Komodo Edit.

Itu tadi beberapa text editor terbaik, gratis, dan terpopuler menurut Kalong Ganteng. Pada dasarnya semua fungsi dan kegunaan text editor sama, tinggal Anda yang menyesuaikan dan memilih mana yang cocok dan nyaman untuk digunakan dalam membuat kode program (koding) ataupun kegiatan yang lainnya. Semoga postingan mengenai text editor terbaik ini dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi kalian yang membutuhkannya.

Artikel Terkait

Posted On : Jumat, 26 Agustus 2016Time : 06.58
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : Online oke | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]