Cara Install Java dan Cara Compile, Eksekusi di Terminal Kali Linux

Author : UnknownTidak ada komentar

kalongganteng.com- Cara Instal, Compile dan Exsekusi Bahasa Pemrograman Java di Kali Linux Menggunakan Terminal | Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang poluler di segala platform baik itu Android, Komputer dll. Bahasa pemrograman java lahir sejak tahun 1991 yang diciptakan oleh Sun Microsystem bersama rekan-rekannya. Teknologi Java adalah sebuah bahasa pemrograman dan juga merupakan sebuah platform. Banyak aplikasi compiler bahasa java seperi Oracle dll, Namun tanpa bantuan aplikasi ini kita tetap dapat merancang bahasa pemrograman java lalu mengcompile serta mengeksekusinya secara manual melalui terminal (Linux) dan CMD (Windows). 
Nah kali ini saya akan share cara instal, compile dan eksekusi program java di kali linux. Tanpa aplikasi tambahan sobat cukup buka terminal pada sistem operasi Linux sobat. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

1. Sebelum melalukan penginstallan java pastikan sobat menggunakan repo standar distro linux sobat, biasanya tersedia pada website resmi disetiap distro linux.
2. Buka Terminal atau dengan shortcut (Ctrl+Alt+T)
3. Masukan perintah dibawah ini
    sudo apt-get install openjdk-6-jdk
Install java melalui terminal linux

4. Tunggu proses penginstallan sampai selesai
5. Jika terjadi error selalma pengistalan coba perintah dibawah ini
    apt-get install -f

6. Jika masih terjadi error biasanya bermasalah pada repo sobat. Silahkan ganti repo standar lalu jalan perintah apt-get update pada terminal. Apabila masih tetap error silahkan cari referensi lain.
7. Selesai

Cara Compile dan Eksekusi Program Java (Menjalankan Bahasa Pemrograman Java)

1. Untuk membuat program java sobat dapat membuatnya di semua editor text distro linux, misal leafpad, gedit dll, intinya saat hendak melakukan penyimpanan file gunakan ekstensi .java misal, BelajarJava.java. Sobat juga dapat membuat program java melalui terminal dengan menggunakan perintah

nano Belajar_Java.java
Membuat file java di terminal linux

2. Sobat akan masuk kelembar kerja editor texs pada terminal lalu mulailah untuk merancang bahasa permrograman java seperti gambar berikut.
Lembar kerja editor text terminal linux

    *opsi: Untuk save gunakan Ctrl+O lalu enter
                 Untuk keluar dari editor gunakan Ctrl+X

3. Untuk mengcompilenya silahkan masuk ke direktori dimana file java sobat simpan
4. Kemudian gunakan perintah berikut untuk mengcompilenya
javac Belajar_Java.java

5. Eksekusi dengan perintah
java nama_class misal java LuasPersegi
Compile dan Eksekusi program java

5. Maka akan keluar output dari program tersebut
Output program java melalui terminal linux
6. Selesai

Jadi jika sobat ingin menjalankan program java di linux sobat tinggal jalankan melalui terminal saja, tidak perlu menggunakan aplikasi compiler. Sekian dulu tutorial Cara Instal, Compile dan Exsekusi Bahasa Pemrograman Java di Kali Linux Menggunakan Terminal semoga bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.

Artikel Terkait

Posted On : Rabu, 01 April 2015Time : 01.41
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : Online oke | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]